Retro Futuristik, Desain Konsep Mobil Menakjubkan dari Era 70-80an

lancia stratos zero bertone retro classic car 01

Era tahun 70-80 an dapat dikatakan tahun-tahun yang membawa banyak kenangan bagi yang pernah mengalami. Berbagai macam perkembangan trend yang muncul mulai dari fashion, musik, film, hingga otomotif telah menjadi bagian dari gaya hidup. Trend desain otomotif saat itu terbilang cukup menarik untuk disimak.

Berbagai macam konsep mobil pun muncul mewarnai industri otomotif. Terinspirasi dari film-film Fiksi Sains (Sci-Fi), desainer-desainer otomotif dari Eropa terutama Italia dan Perancis mencoba menawarkan penyegaran bentuk desain mobil futuristik yang cukup radikal saat itu. Tidak kalah desainer dari Jepang pun turut ambil bagian meramaikan industri otomotif dengan membawa desain futuristik menurut versinya. Meskipun konsep futuristik yang diusung saat itu banyak yang terkesan terlalu mengandalkan gaya dan tidak praktis, namun desain-desain retro futuristik ini telah membawa perubahan desain otomotif yang banyak menginspirasi mobil-mobil saat ini.

Sebut saja produsen mobil dari Eropa seperti Alfa Romeo, Citroen, Lamborghini dan Maserati membawa konsep baru yang radikal dalam desain otomotif. Di era inilah muncul desainer mobil berbakat seperti Nuccio Bertone (Bertone Studio), Giorgetto Giugiaro dan Aldo Mantovani (ItalDesign Giugiaro Studio).

 

Alfa Romeo Caimano – 1971 (ItalDesign Giugiaro)

Konsep desain Alfa Romeo Caimano seperti mewujudkan desain mobil-mobil di film dan komik Fiksi Sains. Pintu, atap dan kaca mobil berbentuk silinder dibuat menyatu yang dapat diangkat ketika penumpang akan memasuki kabin mobil.

 

alfa romeo caimano retro classic car 01

alfa romeo caimano retro classic car 02

 

Citroen Karin – 1980 (Trevor Fiore)

Produsen mobil asal Perancis Citroen mencoba menawarkan desain yang disebut dengan Trapezoidal, mirip dengan piramida, namun tidak berujung runcing. Berkat desainnya yang sekilas menyerupai Piramida, Citroen Karin ini juga disebut dengan Pyramid from Paris. Mobil dengan kursi pengemudi di tengah ini memiliki panel kontrol di dashboard yang dapat diatur dengan mudah oleh pengemudi. Mobil futuristik ini juga sudah dibekali dengan komputer on board dan bahkan pintu mobil dapat dibuka secara otomatis dari tombol di dashboard.

 

citroen karin retro classic car 01

citroen karin retro classic car 02

Desain Interior futuristik dengan penuh tombol-tombol kendali di dashboard seperti ini digunakan juga pada konsep mobil Citroen Xenia 1981, Buick Questor 1983 dan Ford Maya 1984.

 

Citroen Xenia – 1980

citroen xenia retro classic car 03

 

Buick Questor – 1983

buick questor retor classic 01

 

Ford Maya – 1984 (ItalDesign Giugiaro)

ford maya retro classic car 01

 

Lamborghini Athon – 1980 (Bertone)

Tidak kalah, pabrikan mobil asal Italia yang terkenal dalam memproduksi mobil-mobil super car juga menawarkan konsep radikal. Dengan desain mobil yang meruncing dan interior yang dilengkapi dengan panel-panel futuristik, konsep mobil Lamborghini ini salah satu desain futuristik mobil sport mewah yang menarik.

 

lamborghini athon retro classic car 05

Coba perhatikan desain setir mobil yang terlihat seolah-olah melayang. Dengan kecermatan desain, jika pada angle tertentu setir mobil tampak melayang. Selain itu, tuas persneling mobil juga memiliki bentuk unik seperti handle / gagang pisau.

 

lamborghini athon retro classic car 04

 

Lancia Stratos Zero – 1970 (Bertone)

Desain segitiga dengan ujung yang meruncing tampaknya mendominasi dalam konsep mobil di tahun 70an. Lancia Bertone adalah contoh visi mobil di masa depan. Terkenal dengan sebutan future car dan dream car, mobil ini pernah muncul dalam film Moonwalker yang diperankan oleh Michael Jackson.

 

lancia stratos zero bertone retro classic car 03

lancia stratos zero bertone retro classic car 02

lancia stratos zero bertone retro classic car 01

 

Maserati Boomerang – 1871 (ItalDesign Giugiaro)

Inilah konsep masterpiece dari sebuah mobil futuristik, merupakan visi seorang desainer berbakat Giorgetto Giugiaro (ItalDesign Giugiaro) yang masih tersisa dan dapat berfungsi dengan baik hingga saat ini. Meskipun sebuah mobil konsep, namun ternyata mobil ini memiliki ijin dan legal untuk dikemudikan di jalanan. Berkat desain futuristiknya yang menawan, Maserati Boomerang telah menjadi ikon dari sebuah mobil futuristik mewah dengan seringnya muncul di acara-acara prestis di Eropa. Maserati Boomerang terakhir terjual di rumah lelang Bonhams dengan harga 3,7 juta dollar Amerika, sebuah angka yang fantastis dari sebuah mobil klasik.

 

maserati boomerang retro classic car 01

maserati boomerang retro classic car 02

maserati boomerang retro classic car 04

maserati boomerang retro classic car 03

 

Alfa Romeo Carabo – 1968 (Federico B. Alliney)

Mobil dengan desain menawan ini adalah visi masa depan dari Federico B. Alliney, seniman yang terlibat dalam film Fiksi Sains Avatar 2009 yang disutradarai oleh James Cameron.

 

alfa romeo carabo retro classic car 01

alfa romeo carabo retro classic car 02

alfa romeo carabo retro classic car 03

Dome Zero P2 – 1979

Pertamakali diperkenalkan pada Geneva Auto Show ke-48, Dome Zero adalah visi mobil konsep yang berasal dari Jepang. Dome Zero sempat berpartisipasi dalam acara balap “24 Hours of Le Mans”. Fakta menarik dari mobil ini, Dome Zero adalah mobil yang menginspirasi karakter Hot Rod dalam film animasi kartun klasik Transformer Generation 1.

 

dome zero retro classic car 03

dome zero retro classic car 02

 

Toyota FCX 80 – 1979

Selain Dome Zero, pabrikan raksasa asal Jepang Toyota juga menawarkan konsep mobil futuristik yang diberi nama Toyota FCX 80.  Menariknya, Toyota FCX 80 sudah dibekali dengan dashboard digital yang masih jarang digunakan pada mobil di era 70-80an, membuat mobil ini tampak modern.

 

toyota fcx 80 retro classic car 01

Era 70-80 tampaknya menjadi kebangkitan industri otomotif dengan kemunculan ide-ide yang bisa dikatakan cukup radikal pada saat itu. Pengaruh dari konsep-konsep mobil di tahun itu pun masih terasa pada mobil-mobil saat ini.

 

Via: Darkroastedblend – Futuristic Concept Cars of The 70-80s, Classic Driver, Uniquehunters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *