Sedikitnya ada 2053 bom nuklir yang pernah diledakkan oleh manusia di muka Bumi ini. Ribuan bom nuklir tersebut sebagian besar adalah bagian dari proyek “tes bom nuklir” selama era perang dingin berlangsung.

Adalah Isao Hashimoto, seorang seniman asal Jepang, yang membuat peta animasi mengenai kapan dan berapa banyak bom nuklir yang pernah diledakkan di muka Bumi ini. Hashimoto mencatat setidaknya ada 2053 bom nuklir pernah meledak antara tahun 1945 hingga 1998 termasuk dua buah bom nuklir yang meledak di Hiroshima dan Nagasaki.

Operation Crossroads Baker

Photo credit: Wikipedia

Animasi ledakan nuklir pada awalnya berjalan lambat pada tahun 1945, lalu lambat laun makin cepat dan makin banyak dan mencapai klimaksnya pada era 50-60an. Sungguh tak terbayangkan puluhan hingga ratusan bom nuklir pernah diledakkan pada bulan-bulan tertentu dengan tujuan yang tidak jelas, entah itu politik, militer, atau pun sains.

Sudah milyaran dollar uang terkucur untuk membiayai pembangunan bom nuklir. Baik Amerika, USSR (Rusia) dan Perancis  saling berlomba-lomba untuk menciptakan senjata paling yang mematikan di muka Bumi ini. Kini untungnya setelah era perang dingin berakhir ketakutan manusia akan terjadinya perang nuklir berangsur-angsur sirna.

Hashimoto telah memulai karyanya ini sejak tahun 2003, ia mengatakan, “Saya membuat karya ini sebagai sarana bagi orang-orang yang belum tahu akan betapa seriusnya masalah yang dihadapi oleh dunia ini.”

Video

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=LLCF7vPanrY&w=610]

 

Via: Japanese artist maps 1945-1998’s nuclear explosions
Cover photo credit: Wikipedia

Dukung Mobgenic

Jadilah bagian dari komunitas kreator dan dukung Mobgenic untuk bisa tetap berbagi artikel yang menarik dengan memberikan donasi.

*Donasi melalui aplikasi Saweria

Share.

Leave A Reply