Little Free Library adalah sebuah konsep kreatif yang dipelopori oleh Todd Bol dan Rick Brooks. Konsep ini bertujuan untuk mempromosikan literatur dan mengajak masyarakat bersama-sama untuk memasang perpustakaan mini pada rumah-rumah di seluruh dunia.

Ide ini dimulai pada tahun 2009, sebuah pergerakan sosial dengan membangun sebuah kotak kecil yang berisi buku-buku, diletakkan di depan rumah atau disudut-sudut jalan dimana orang yang melintasinya dapat dengan mudah mengakses. “Take a book, return a book” slogan inilah yang menjadi dasar Little Free Library. Selain itu, kotak tempat buku dapat dibeli website di Little Free Library, men-downloadย tentang bagaimana caranya membuat kotak buku, atau benar-benar membuat kotak buku sesuai dengan keinginan.

Pada tahun 2011, hanya terdapat 100 perpustaakaan, namun saat ini terdapat sekitar 6.000 perpustakaan di seluruh dunia. Dengan antusiasme seperti sekarang, diperkirakan pada akhir tahun 2013, akan terdapat 25.000 perpustakaan di seluruh dunia.

Gerakan Free Little Library dimulai dari lingkungan rumah, saling meminjam dan bertukar buku dengan teman-teman atau tetangga sekitar. Selain bertukar buku, dengan adanya gerakan ini mereka merasa lebih dekat dan mendapatkan banyak teman dengan berbagi cerita tentang buku-buku favorit. Berikut ini beberapa kotak perpustakaan kecil dengan bentuk-bentuk yang menarik dan kreatif.

Little Free Library Website

 

books10

books13

free

freelibrary

library1

library15

littlefree

littlefreelibrary01

littlefreelibrary03

littlefreelibrary04

littlefreelibrary05

littlefreelibrary06

littlefreelibrary07

littlefreelibrary08

Dukung Mobgenic

Jadilah bagian dari komunitas kreator dan dukung Mobgenic untuk bisa tetap berbagi artikel yang menarik dengan memberikan donasi.

*Donasi melalui aplikasi Saweria

Share.

Leave A Reply