Styrofoam yang memiliki nama lain Polystyrene memang mempunyai 2 sisi yaitu positif dan negatifnya. Tetapi, Styrofoam yang terutama dipakai sebagai kemasan makanan atau minuman yang memang terlihat praktis dan rapi ini merupakan produk dari minyak bumi yang memang hanya diperbolehkan sekali pakai dan sebaiknya dihindari. Bayangkan saja betapa banyaknya tumpukan styrofoam yang akan muncul apalagi jika kita membuangnya di sembarang tempat.

Limbah styrofoam yang tak dapat diurai oleh alam merupakan masalah besar bagi lingkungan, sebab jika dibakar asap hitamnya menjadi polusi udara, tapi kalau dibuang bisa menjadi penyebab banjir. Mengingat benda putih bersih ini tak dapat terurai dengan cepat atau membutuhkan waktu hampir ratusan tahun. Memang ada beberapa perusahaan di luar negeri yang bisa mendaur ulang styrofoam menjadi barang yang dapat dipakai kembali, tetapi di Indonesia, styrofoam yang didaur ulang kembali menjadi styrofoam kembali.

Pada artikel ini, akan diulas bagaimana memanfaatkan kembali styrofoam bekas sehingga memiliki manfaat dan nilai tambah. Semoga dapat menjadi referensi yang berguna. Enjoy!

 

1. Pengeras Suara (Speaker) Laptop dari Stryofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 9

Mungkin bagi kita masih banyak yang menganggap styrofoam bekas adalah benda yang tidak berguna, padahal dengan sedikit usaha sebenarnya kita dapat memanfaatkannya kembali menjadi benda yang memiliki nilai tambah. Salah satu cara memanfaatkan styrofoam bekas adalah menjadikannya sebagai speaker laptop. Ide ini sepertinya tidak masuk akal, namun tampaknya speaker laptop dari styrofoam dapat dibuat dan berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan beberapa alat elektronik tambahan, kita dapat mengubah styrofoam menjadi speaker laptop. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini

 

2. Pengeras Suara (Speaker) Smartphone dari Styrofoam

ide kreatif menggunakan styrofoam 7

Mungkin bagi sebagian orang, suara yang keluar dari speaker smartphone masih terasa kurang menggelegar terutama pada saat digunakan untuk memutar lagu. Apabila volume suara dikeraskan, suara yang keluar akan cenderung pecah sedangkan jika volumenya dikecilkan suaranya akan terdengar lirih di telinga. Seseorang bisa saja membeli speaker portabel yang bagus, namun hal itu berarti kita harus mengeluarkan uang. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan kembali gelas styrofoam bekas untuk menghasilkan pengeras suara smartphone murah. Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini

 

3. Dekorasi Lampu dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 8

Ide untuk memanfaatkan kembali styrofoam bekas ini berasal dari sekelompok desainer dari China. Dengan menggunakan potongan gelas dari styrofoam bekas dan beberapa alat tambahan seperti lem, dapat dibuat sebuah dekorasi lampu yang cantik. Sebuah ide sederhana namun dapat memberikan nilai tambah untuk mengolah kembali barang-barang bekas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 

4. Souvenir Gelas Unik dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 2

Berkreasi dapat dilakukan dimana saja, termasuk di benda-benda yang sering kita buang seperti cangkir kopi dari styrofoam. Bagi pecinta kopi tentu sering menemui benda ini. Ada kalanya kita menemukan cangkir kopi styrofoam yang berkualitas tinggi adapula yang berkualitas rendah yang harganya tentu sangat murah. Namun ditangan seniman seperti Chemming Boey benda murah tersebut bisa berharga ratusan dollar apabila kita tahu apa yang harus dilakukan, yaitu melukisnya.


 

5. Dekorasi Rumah dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 6

Mendekor sebuah rumah sepertinya tidak perlu membeli dekorasi yang ada di toko. Dekorasi dengan konsep Do It Yourself (DIY) adalah sebuah gagasan untuk membuat sendiri atau memanfaatkan barang-barang yang sering kita jumpai baik baru atau bekas. Konsep DIY sebenarnya sudah lama berkembang di Eropa dan Amerika. Bermula dari hobi, kemudian berkembang menjadi sebuah pergerakan. Salah satu contohnya adalah membuat dekorasi dengan memanfaatkan kembali styrofoam bekas dan sedikit keahlian menjahit. Kreasi lainnya dapat dilihat disini

 

6. Styrogami, Kerajinan dari Styrofoam

ide kreatif menggunakan styrofoam 5

Dari namanya sekilas seperti seni melipat kertas Origami Jepang, Styrogami adalah sebuah kreasi membentuk styrofoam menjadi benda-benda unik. Ide ini sebenarnya terinspirasi dari origami, namun menggunakan styrofoam sebagai medianya. Ide ini memang belum sepopuler origami, namun beberapa orang telah mencoba untuk berbagai macam kreasi dari styrofoam. Kreasi-kreasi styrogami lainnya dapat dilihat disini

 

7. Vas Bunga dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 4

Rupanya gelas styrofoam dapat digunakan untuk membuat banyak hal. Selain dapat digunakan sebagai pengeras suara smartphone dan media lukis seperti ulasan pada artikel sebelumnya, gelas styrofoam dapat digunakan sebagai vas bunga yang unik. Tekniknya pun cukup sederhana, dengan memanaskan gelas menggunakan panci dan air, gelas styrofoam pun dapat dibentuk dan digunakan kembali sebagai vas bunga yang unik.

 

8. Media Printing dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 3

Bagi kamu yang memiliki hobi dibidang seni mungkin informasi ini akan sedikit bermanfaat. Styrofoam dapat digunakan sebagai media untuk membuat media cetak alternatif yang murah. Dengan lembaran styrofoam dan pensil kalian dapat membuat kreasi seperti diatas. Media cetak ini terinspirasi oleh stempel-stempel kuno dari China.

 

9. Lampu Hias dari Gelas Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam 10

Gelas yang terbuat dari styrofoam ternyata juga dapat digunakan untuk membuat pernak-pernik cantik seperti foto diatas. Sebuah dekorasi lampu yang terbuat dari gelas styrofoam. Lampu dari styrofoam ini mampu memberikan pencahayaan lembut dan cocok digunakan sebagai lampu dekoratif di kamar. Efek cahaya redup memberikan nuansa yang nyaman. Untuk membuatnya tidak membutuhkan skill yang tinggi, dengan sedikit kreatifitas kamu juga dapat membuatnya sendiri. Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat disini

 

10. Beauty Dish (Camera Flash Diffuser) dari Styrofoam Bekas

ide kreatif menggunakan styrofoam

Syrofoam dapat digunakan sebagai alternatif flash diffuser yang jika kita membelinya dari toko perlengkapan kamera harganya masih cukup mahal. Ide ini cukup unik, dengan memotong menjadi beberapa bagian, styrofoam dapat digunakan sebagai flash diffuser alternatif. Bagi yang masih belajar fotografi dan pencahayaan, ide ini cukup menarik untuk dilakukan. Tidak perlu membeli alat fotografi yang mahal untuk belajar, banyak cara yang dapat dilakukan seperti contoh ini misalnya.