Perkembangan desain logo dimulai pada saat revolusi industri, seiring dengan kebutuhan periklanan perusahaan-perusahaan pada saat itu. Seni yang pada awalnya merupakan sebuah bentuk ekspresi dan dekorasi mulai berkembang ke arah komersial.  

Dalam dunia periklanan, desain logo dan branding adalah salah satu pilar utama identitas perusahaan. Dibalik logo yang sepertinya tampak sederhana terdapat banyak pemikiran yang lebih. Desain logo menunjukkan identitas, ciri khas dan filosofi. Berikut ini 20 logo dengan simbol tersembunyi.

 

 

1. Logo Amazon.com

simbol tersembunyi dalam logo amazon

Arah panah warna kuning dari huruf “A” sampai “Z” membentuk wajah tersenyum.

 

2. Logo Atlanta Falcon

 

simbol tersembunyi dalam logo atlanta falcons

 

Logo tim Football NFL Atlanta Falcons memiliki desain grafis yang mudah dilihat seperti burung elang dan juga membentuk huruf “F”.

 

3. Logo Baskin Robbins

 

simbol tersembunyi dalam logo baskin robbins

Logo Baskin Robbins terdiri dari dua warna. Apabila kita mencermatinya lebih jauh lagi, pada bagian huruf berwarna merah muda akan membentuk angka 31, yang merupakan simbolisasi dari jumlah rasa ice cream Baskin Robbins.

 

 4. Logo Eight

simbol tersembunyi dalam logo eight logo

logo eight

Pada desain kreatif ini, setiap huruf terdiri dari bagian tertentu dari angka “8″. Gambar kedua membantu memvisualisasikan desain logo.

 

5. Logo Eighty 20

simbol tersembunyi dalam logo eighty20

Pada bagian kotak-kotak logo Eighty20, apabila dibaca dalam bilangan biner (1010000 dan 0.010.100) yang masing-masing membentuk angka 80 dan 20.

 

6. Logo FedEx

simbol tersembunyi dalam logo fedex

Ruang putih antara huruf “E” dan “X” membentuk simbol panah yang sempurna, menunjukkan perusahaan bergerak maju dan melihat ke depan.

 

7. Logo Goodwill

simbol tersembunyi dalam logo goodwill

Gambar wajah tersenyum sebenarnya adalah huruf “G” yang diperbesar dan dipotong sedikit.

 

8. Logo Hartford Whalers

simbol tersembunyi dalam logo hartford whalers

Logo tim hockey Hartford Whalers (sekarang berubah nama Carolina Hurricanes) memiliki desain logo yang unik. Huruf “H” terbentuk dari warna hijau pada bagian bawah logo. Warna biru membentuk ekor ikan paus. Banyak makna yang terkandung dari logo yang tampaknya sederhana.

 

 9. Logo Hershey’s Kisses

simbol tersembunyi dalam logo hersey kisses

 Logo Hershey Kisses memiliki konsep yang hampir mirip dengan logo FedEx. Diantara huruf “K” dan “I” terdapat ciuman tersembunyi (Hershey Chocolate Kiss).

 

10. Logo London Symphony Orchestra

simbol tersembunyi dalam logo london symphony orchestra

Logo London Symphony Orchestra tidak hanya membentuk huruf “LSO”, tetapi juga terlihat seperti seorang konduktor orkestra dengan huruf “L” dan “O” yang menyerupai lengan.

 

11. Logo Milwaukee Brewers

simbol tersembunyi dalam logo milwaukee brewers

Huruf “M” dan “B” pada logo Milwaukee Brewers membentuk sebuah sarung tangan.

 

12. Logo Mosleep

simbol tersembunyi dalam logo mosleep

Logo Mosleep terdiri dari dua huruf “M” yang membantu membentuk sebuah tempat tidur. Sweet Dream.

 

13. Logo NBC

simbol tersembunyi dalam logo nbc

Logo kenamaan NBC membentuk sebuah ekor merak dengan lima warna bulu yang mewakili divisi dari NBC. Bulu merak juga mengarah ke arah kanan, yang sering dikaitkan dengan melihat ke jauh depan.

 

14. Logo Pittsburgh Zoo and PPG Aquarium

simbol tersembunyi dalam logo pittsburgh zoo and ppg aquarium

 

Pada kedua sisi pohon membentuk wajah gorila dan singa yang muncul dalam warna putih.

 

15. Logo Roxy dan Quiksilver

simbol tersembunyi dalam logo roxy quicksilver

Roxy adalah merk pakaian untuk para surfer dan snowboarder wanita, sedangkan Quicksilver adalah versi prianya. Logo Roxy merupakan gabungan dari dua logo Quicksilver yang diputar dan membentuk jantung hati.

 

16. Logo Spartan Golf Club

simbol tersembunyi dalam logo spartan golf

Pada bentuk kepala logo ini, sepertinya seorang pegolf baru saja menyelesaikan pukulannya, namun apabila kita memperhatikan di sisi yang lain, helm dari seorang prajurit Spartan akan muncul. Simbolisme ganda pada desain logo ini dapat tervisualisasikan dengan baik.

 

17. Logo The Bronx Zoo

simbol tersembunyi dalam logo the bronx zoo

Logo unik lainnya dengan model negative space adalah Bronx Zoo, dimana membentuk gedung-gedung tinggi khas New York yang dapat ditemukan diantara kaki-kaki jerapah.

 

18. Logo Tostitos

 Dua huruf “T” dari logo ini membentuk orang yang sedang mencelupkan tortilla chip ke dalam sebuah mangkuk.

 

19. Logo Tour De France

Logo Tour de France membentuk gambar seorang pengendara sepeda yang dapat dilihat dalam huruf “R”, dengan lingkaran oranye yang melambangkan ban depan sepeda.

 

20. Logo Via Rail Canada

simbol tersembunyi dalam logo via rail canada

 

Perusahaan kereta api Kanada VIA memiliki desain logo yang cukup unik. Jika kita memperhatikan pada ruang putih diantara huruf “V” dan “I” dan kemudian pada ruang putih diantara huruf “I” dan “A” akan tampak dua garis sejajar yang mewakili rel kereta api.