Permainan video games telah lama menjadi populer dan memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Permainan ini sudah ada sejak tahun 70an. Atari, Neo Geo, Nintendo adalah beberapa nama produsen video games yang tidak asing lagi bagi para penggemar video games. Di era 80 an Nintendo mengeluarkan konsol game mereka yang bernama Nintendo Entertainment System (NES). NES telah banyak membawa banyak perubahan di industri video games dan merupakan konsol game paling laris saat itu. Sejak era NES banyak bermunculan koleksi video game dan memiliki banyak penggemar fanatik. Dari sekian banyak koleksi video game, beberapa koleksi merupakan edisi khusus dan tidak diproduksi secara masal. Koleksi-koleksi inilah yang sekarang banyak dicari oleh para penggemar video games dan memiliki nilai sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada koleksi game baru yang ada saat ini.

 

Nintendo Entertainment System (NES)

 

NES Console Set

 

1. Stadium Events (1987)

Nintendo Stadium Events

Kisaran Harga: $13.000-$41.300

Stadium Events dirilis oleh Bandai pada tahun 1987, merupakan salah satu dari beberapa video games yang dibuat khusus untuk perusahaan Family Fun Fitness. Pada tahun 1988, Nintendo membeli hak cipta video games ini dan kemudian merilis ulang dengan nama World Class Track Meet. Untuk menghindari kebingungan konsumen, Nintendo menarik semua produk Stadium Events. Akan tetapi, sebelum semua produk berhasil ditarik diperkirakan sekitar 200 copy Stadium Events sudah laku terjual. Para kolektor percaya, sekitar 10-20 copy Stadium Events masih dalam kondisi lengkap.

Pada bulan Januari 2010, game Stadium Events dengan kondisi lengkap berhasil terjual melalui situs lelang ebay dengan harga $41.300! Yang lebih mengherankan lagi, pada bulan Februari 2011 game Stadium Events pernah ditawarkan di ebay dengan harga $500.000 atau sekitar 4,7 Milyar Rupiah!

 

2. Nintendo World Championships, Gray and Gold Edition (1990)

Nintendo World Championship Cartridge

Kisaran Harga: $4.000-$6100 (edisi abu-abu) dan $15.000 – $21.000 (edisi emas)

Pada tahun 1990, Nintendo mengadakan kompetisi video games di 30 kota untuk mencari pemain terbaik. Para peserta harus meraih skor tertinggi untuk 3 permainan video games (versi demo) Super Mario Bross, Rad Racer dan Tetris. Pemenang di tentukan dari skor tertinggi dalam waktu 6 menit.

Pada akhir turnamen, tiga pemenang dari masing-masing kelompok usia diberikan cartridge khusus dengan warna abu-abu. Hal ini berarti hanya ada 90 cartridge yang dibagikan. Edisi emas diberikan kepada para pemenang kontes Nintendo Power magazine. Hanya terdapat 26 edisi emas yang diproduksi. Edisi emas lebih sulit untuk dicari dan memiliki harga yang lebih tinggi daripada edisi abu-abu.

 

3. Nintendo Campus Challenge

Nintendo Campus Challange Cartridge

Kisaran Harga: $14.000-$20.100

Pada awal tahun 1990, Nintendo mengadakan kompetisi video games di kampus-kampus, seperti kejuaraan Nintendo World Championship, para peserta memiliki waktu 6 menit untuk bermain dan meraih skor tertinggi. Game yang dipertandingkan (versi demo) adalah Super Mario Bross 3, PinBot dan Dr. Mario.

Sebagian besar copy game telah dihancurkan setelah kejuaraan berakhir, akan tetapi salah satu karyawan Nintendo menyimpan beberapa game dan menjualnya kepada seorang pria bernama Rob Walters pada acara Garage Sale di tahun 2006. Rob membeli beberapa permainan video games ini dengan harga $1.000. Kemudian Rob Walters menjualnya kembali semuanya dengan harga $50.000. Salah satu dari game yang terjual adalah Nintendo Campus Challange. Tidak lama kemudian, game ini muncul di situs lelang ebay dan berhasil terjual seharga $20.100.

 

ATARI 2600

Atari 2600

 

4. Atlantis II

Atlantis 2600 Cartridge

Kisaran Harga: $5.000-$6.000

Atlantis adalah game yang cukup populer pada tahun 1982. Game ini mirip dengan Missile Command, para pemain berusaha untuk melindungi markas dari serangan kapal musuh. Pembuat game mengadakan kejuaraan yang dinamakan Destination Atlantis, dimana para pemain diundang untuk mengirimkan foto screen tv skor mereka. Para pemain dengan skor tertinggi akan diberikan game Atlantis II, edisi khusus dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Karena versi ini tidak diproduksi secara masal, game ini menjadi langka saat ini. Cover cartridge game Atlantis II hampir mirip dengan cover game Atlantis II, perbedaannya hanya pada sticker kecil yang menempel di bagian depan. Sticker pada cover game Atlantis II sangat mudah untuk mengelupas. Game dengan sticker yang masih utuh sekarang bernilai $6.000, sedangkan game tanpa sticker hanya berniali $3.

 

5. Air Raid

Air Raid Cartridge

Kisaran Harga $1.000-$3.000

Air Raid masih menjadi pertanyaan bagi penggemar game Atari. Beberapa mengatakan game ini adalah satu-satunya game yang diproduksi oleh perusahaan bernama “Menavision”. Yang menjadi pertanyaan, tidak ada yang dapat mengkonfirmasi bahwa “Air Raid” adalah judul asli game ini, bahkan pada cartridge tidak ada label yang menunjukkan nama game ini. Nama diberikan hanya berdasarkan gameplay, mirip dengan Atlantis dan Missile Command. Cartridge aneh ini muncul di tahun 1984 dengan casing berwarna biru cerah dan memiliki bentuk “T Handle”, bentuk yang tidak biasa untuk cartridge game Atari. Sementara beberapa copy game telah terjual, tidak ada satupun dari pemilik yang berkata bahwa mereka adalah pemilik asli. Para penggemar game Atari meyakini hanya ada 12 copy game Air Raid saat ini,  membuatnya menjadi salah satu game yang harus dimiliki para kolektor game Atari.

 

6. Star Wars Ewok Adventure

Star Wars Ewok Adventure Cartridge

Harga $1.680

Game ini muncul pertamakali di sebuah katalog iklan yang dibuat oleh Parker Brothers, dengan nama Revenge of Jedi: Game I, akan tetapi lebih dikenal dengan nama Ewok Adventure. Game ini menjadi terkenal karena belum pernah sama sekali dijual umum. Game ini akhirnya tidak dipasarkan oleh Parker Brothers, karena merasa kontrol pada game terlalu sulit, bahkan untuk sekelas pemain master. Karena alasan ini, game tidak pernah diproduksi. Desainer game Larry Gelberg memberikan satu-satunya prototipe game kepada temannya, yang kemudian dijual dengan harga $1.680.

 

NEO GEO

Neo Geo Console Set

 

7. Kizuna Encounter

Kizuna Encounter Cartridge

Kisaran Harga: $12.000-$13.500

Salah satu game terkenal di kalangan penggemar fanatik Neo Geo adalah versi tertentu Kizuna Encounter. Dibuat di tahun 1996, merupakan game pertarungan yang mirip dengan game Mortal Kombat atau Street Fighter. Game ini sendiri mendapatkan review yang bagus, akan tetapi hanya diproduksi dalam jumlah yang kecil. Untuk versi Eropa yang hanya diproduksi sebanyak 15 copy dan benilai paling tinggi. Versi Jepang adalah versi yang paling populer dan mirip dengan versi Eropa, hanya berbeda pada kemasan dijual dengan harga sekitar $50.

 

8. Ultimate 11 (Super Sidekicks 4)

Ultimate11 Cartridge

Kisaran Harga: $8.000-$10.000

Ultimate 11 adalah game terakhir dari seri game Super Sidekicks, sebuah game populer yang telah banyak terjual. Ultimate 11 tidak diproduksi dengan jumlah yang besar karena alasan tertentu, dan diperkirakan hanya ada 10 copy game yang masih ada saat ini dan menjadi buruan para kolektor game Neo Geo. Pada tahun 2009, game Ultimate 11 dan Kizuna Encounter terjual melalui forum neo-geo.com dengan harga $55.000. Pemilik sebelumnya mendapatkan game ini sekitar 10 tahun yang lalu, dengan harga $500 untuk Kizuna Encounter dan $400 untuk Ultimate 11. Pemilik baru mengatakan tidak akan menjual keduanya, bahkan pernah ada yang menawar dengan harga $100.000.

 

9. Metal Slug 

Metal Slug 3 Cartridge

Kisaran Harga: $2.000-$2.850

Game Metal Slug Pertamakali dirilis pada tahun 1996, dan telah menjadi waralaba yang sangat populer dengan tujuh level pertandingan dalam setiap seri. Game ini juga dibuat untuk beberapa jenis konsol yang berbeda, akan tetapi versi asli dari game ini cukup sulit didapatkan karena diproduksi secara terbatas. Meskipun game ini dapat dimainkan di konsol yang lain, akan tetapi para penggemar fanatik rela membayar dengan harga yang lebih tinggi demi mendapatkan versi asli Metal Slug.


 

Via: Racket Boy, Atari Age, Neo Geo, Video Games Price Charting